ABOUT PROJECT

Dalam rangka melestarikan pengetahuan dalam naskah kuno terutama dalam Lontar bahasa Sunda, belajar tentang digitalisasi dan indeksasi diajukan dalam penelitian ini. Kolaborasi antara Universitas Padjadjaran, Indonesia dan La Rochelle University, Prancis membawa nilai tambahan untuk memberikan digitalisasi dan indeksasi naskah kuno ke mesin pencari interaktif. Jadi, orang-orang dapat mengakses dengan mudah dan cepat dengan isi naskah kuno.

Penelitian ini akan dilakukan dalam tiga tahun. Pada tahun pertama, penelitian akan difokuskan di naskah digitalisasi standar yang membagi menjadi dua langkah:

  1. definisi praktek yang baik untuk mendigitalkan naskah,
  2. kampanye digitalisasi.
Pada tahun pertama ini, beberapa Sunda Lontar akan dipilih sebagai dataset dan kamera resolusi tinggi akan digunakan untuk akuisisi citra Sunda Lontar. Pada tahun kedua, penelitian ini akan difokuskan dalam pengembangan konten analisis yang membagi menjadi lima langkah:
  1. peningkatan pada gambar digital,
  2. ekstraksi fitur pada gambar digital,
  3. prototipe pengenalan karakter / kata,
  4. indeksasi konten, dan
  5. evaluasi.
Pada tahun kedua ini, beberapa metode dalam pengolahan citra dan pembelajaran mesin akan digunakan. median filter dan Histogram pemerataan akan digunakan dalam pra-pengolahan tahap gambar. Energi informasi dan metode DAS akan digunakan dalam tahap segmentasi. Principal Component Analysis (PCA) akan digunakan untuk ekstraksi fitur dan jaringan saraf propagasi kembali akan digunakan untuk pencocokan. Pada tahun ketiga, penelitian akan difokuskan dalam desain dari mesin pencari, lokakarya, dan perbaikan interaktif dari sistem.